GAME RPG (GAME EDUKASI)

Mari belajar sambil bermain dengan sarana pembelajaran game RPG:Ini adalah game rpg pertamaku, untuk membuat sebuah game maka yang harus dipersiapkan adalah storyboard.

Contoh Storyboard Game RPG

  1. Judul Game : Keguci Hotaru
  2. Tingkat: SD- Kelas  1. Soal diambil dari buku Matematika SD/MI Jilid 1 untuk kelas 1, pengarang purnomisidi, wiyanto dan Endang Supadminingsih, penerbit Pusat Perpukuan Departemen Pendidikan Nasional.
  3. Mata Pelajaran: Matematika dengan materi BAB 1 bilangan.
  4. Deskripsi Game: Game ini termasuk game pendidikan atau game edukasi, khususnya pelajaran matematika. Jenis game ini adalah game petualangan. Pemain yang dimainkan adalah pemain tunggal (single player), yaitu keguci adalah took utama sebagai murid, kotaru adalah guru keguci dan ichako adalah anak perdana mentri.
  5. Cerita Singkat: Keguci adalah murid andalan perguruan akira yang di beri tugas untuk menyelamatkan putri perdana mentri yang bernama ichako. Ichako ditahan oleh komplotan penjahat. untuk menyelamatkan ichako maka keguci harus melewati beberapa tatangan. Sebelum melaksanakan misi tersebut keguci diberi gambaran oleh gurunya kotaru tentang medan-medan yang akan dilalui olehnya. Tetapi guru keguci hanya mengetahui gambaran medannya saja, dia tidak mengetahui  pertanyaan-pertanyaan atau soal-soal yang akan dihadapi oleh keguci, apakah keguci dapat menyelesaikan misinya untuk menyelamatkan ichako?


Skenario:

Map1: Perguruan Akira

Keguci bertemu gurunya kotru, dia mendapatkan  misi untuk menyelamatkan putri perdana mentri yaitu ichako dan gambaran medan-medan yang akan dilewatinya untuk menyelamatkan putri tersebut.

Map2: Pencarian Harta Karun part1

Keguci harus memecahkan soal metematika (penjumlahan) yang ada di dalam peti harta karun yang terkunci. Jika keguci dapat memecahkan semua pertanyaanya maka keguci dapat pindah ke stage 3.

Map3:  Pencarian Harta Karun part2

Keguci harus memecahkan soal metematika (pengurangan) yang ada di dalam tong air yang terkunci. Jika keguci dapat memecahkan semua pertanyaanya maka keguci dapat pindah ke stage 4.

Map4: Penyelamatan Sang Putri

Stage ini merupakan stage akhir dari pertualangan keguci. Disini keguci bertemu dengan putri, tetapi dia harus menyelesaikan soal (pengurangan dan penjumlahan) yang ada di dalam sebuah lemari. Setelah itu dia baru dapat menyelamatkan putri.

Leave a comment